Rabu, 11 April 2012

FACELIFT DAN RENOVASI RUMAH TINGGAL DAN KOS-KOSAN 2 LANTAI


Project : Facelift dan Renovasi Rumah dan Kos-kosan 2 Lantai
Lokasi Project : Pandega Wiratama No. 67, Yogyakarta
Pemilik Project : Keluarga Bapak Bimo (Pejabat Kepolisian di Bandung)
Tahun Penyelesaian : 2011

Menghadirkan disain bangunan rumah yang sesuai dengan karakter dan impian dari sang empunya rumah menjadi tantangan tersendiri bagi si arsitek, mengingat kondisi eksisting rumah yang sudah ada sebelumnya baik secara visual maupun terkait posisi potensial keruangannya dalam site. Dengan proses disain yang ada, terlahirlah sebuah konsep arsitektur "Modern Tropis" dengan sedikit sentuhan etnik dalam corak arsitekturnya atau tepatnya kita sebut dengan "etnic modern style".  


Gambar denah dan tampak bangunan eksisting :  


Gambar denah dan tampak bangunan baru (pengembangan):
 



 Dokumentasi dan komparasi bangunan eksisting dan bangunan baru (pengembangan) :



Perbedaan dari kondisi sebelumnya baik secara style dan juga kualitas tampilan yang disuguhkan menjadi kekuatan dan semangat tersendiri mengingat kondisi eksisting rumah yang sudah lama tidak berpenghuni tersebut. Sehingga dengan facelift dan upaya-upaya penataan ruang dalam yang lebih cermat, secara otomatis dapat menghilangkan kesan kumuh, angker, dan tidak humanis bagi penghuninya. Dengan demikian image bangunan yang baru tersebut sudah mampu mencerminkan karakter sang pemilik rumah yaitu bpk/ibu Bimo (pejabat kepolisian di bandung), dimana sang suami (Bapak Bimo) yang lebih suka pada modern style, sedangkan sang istri (Ibu Yanti) lebih suka pada unsur-unsur etnik. Oleh karena itu disain yang saya ramu di sini merupakan kompromi disain dalam proses sebelumnya untuk mewadahi semua kepentingan tersebut. Walhasil Ibu Yanti pun tersenyum. Ok demikian sekilas karya saya untuk rumah tinggal dan kos-kosan milik keluarga Bimo (bandung). 

Salam hangat......Sigit Wijiono, ST, M.Eng, Ph.D (Sok Tau Mengapa Enggak yang penting Paling Hebat Desainnya.......hehehe just kidding, biar tidak serius-serius banget ya teman-teman.....)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar