Selasa, 25 September 2012

RUMAH ETNIK MODERN TROPIS DENGAN MATERIAL EKSPOSE SEDERHANA

Hai sobat-sobat arsi, ketemu lagi nih.......Ok, kali ini saya ingin mengajak temen-temen berselancar pada objek 3 dimensi dari salah satu karya arsitektur saya yang lebih banyak mengaplikasikan ekspose material sederhana. So keindahan pada bangunan apakah harus selalu dicapai melalui penggunaan material-material mahal berteknologi tinggi (hightech) yang belum tentu ramah lingkungan ??? tentu saja tidak selalu seperti itu sobat, karena dalam dunia arsitektur terutama dalam praktek profesionalnya sangat ditentukan oleh kreativitas sang designer dalam mengekspresikan karya-karyanya dalam komposisi yang proporsional.

Dan lebih jauh lagi hasil akhirnya ditentukan oleh kesempurnaan eksekusi (finishing) khususnya pada setiap material bangunan saat pelaksanaannya di lapangan. Untuk itu mari lihat karya saya yang satu ini yang merupakan rumah sahabat saya Saudara Natha di Sleman baru-baru ini (Juni 2012). Adapun salah satu inovasi  yang menjadi tema di sini adalah penggunaan dinding batako (ekspose) berlubang untuk menjaga sirkulasi udara (cross ventilation) dalam ruang. Dengan demikian  mampu menjaga suhu dan kelembaban udara interior agar tetap stabil sehingga mampu meminimalkan penggunaan AC. Kreativitas yang lain adalah penggunaan material-material lokal sebagai elemen partisi ruang seperti anyaman bambu, bambu belah, dls. Ok check it dot saudara-saudara.......

3D PERSPEKTIF :


 Gambar Kerja :

 

Ok guys demikian sekilas tentang karya saya yang lebih menonjolkan sisi inovasi desain, semoga bisa memberi penyegaran untuk kita semua......salam semangat dari saya : Sigit Wijiono, Ph.D (hehehe tau kan singkatannya...piiiisssss)





6 komentar: